loading...

Inilah Bahayanya Jika Kamu Menelpon Terlalu Lama



Inilah Bahayanya Jika Kamu Menelpon Terlalu Lama, Bahaya menelpon terlalu lama bagi kesehatan sangat berbahaya bagi kesehatan terutama otak manusia dan syaraf. Komunikasi adalah sebuah aktivitas yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk menyampaikan dan menerima informasi. Untuk melakukan komunikasi ini, dua orang tersebut haruslah bertemu dan mengkomunikasikan apa yang ingin disampaikan. Cara berkomunikasi melalui telepon genggam pun bervariasi, bisa melalui SMS atau menelpon lawan bicara secara langsung. Dari kedua cara diatas,ternyata menelpon lebih sering digunakan karena dianggap lebih efektif dalam menyampaikan dan menerima informasi.  Akan tetapi, ternyata, melakukan aktivitas yang satu ini mempunyai dampak buruk terhadap kesehatan karena menelpon bisa memicu berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh.

Kanker Otak

Menurut penelitian, salah satu pemicu kanker otak adalah penggunaan telpon genggam untuk menelpon dalam jangka waktu yang lama. telpon genggam mempunyai radiasi yang berbahaya bagi tubuh. Radiasi inilah yang menyebabkan sel-sel kanker berkembang. Karena saat menelpon seseorang harus menempelkan telponnya di telinga, maka radiasi dari telpon genggam sangat dekat dengan kepala sehingga radiasi yang dipancarkan akan sangat mempengaruhi otak. Resiko kanker otak ini setiap orangnya berbeda tergantung pada usia si pemakai dan juga intensitas seseorang melakukan aktivitas menelpon. Dalam hal ini, semakin muda si pemakai, maka akan semakin tinggi pula resiko kanker otak. sebuah penelitian mengatakan bahwa resiko kanker 400% lebih berbahaya terhadap anak-anak dan remaja. Sedangkan untuk orang dewasa, resiko kanker otak ini sebesar 10%. Namun, sayangnya, sekarang anak-anak pun telah menggunakan telpon genggam sebagai alat komunikasi mereka. Kemudian, jika anak-anak ini telah menggunakan telpon genggam dari kecil, maka kemungkinan terkena penyakit ini akan makin tinggi. Selain usia, intensitas menelpon pun menjadi hal yang sebaiknya diperhatikan karena intensitas tinggi dalam menelpon akan makin memicu adanya sel kanker otak yang berkembang.

Tumor Otak 

Sel tumor ini sebenarnya hampir sama dengan sel kanker otak yaitu akan sangat cepat berkembang jika sel tersebut dipicu oleh gelombang radiasi yang terpancar secara langsung ke otak ketika si pemakai meletakkan telpin genggamnya di telinga. Bahayanya ialah ada satu tumor otak yang disebut dengan acoustic neuroma yang dapat menyebabkan rusaknya pendengaran seseorang sehingga menjadi tuli atau tidak dapat mendengar lagi.

Stres


menurut penelitian, melakukan aktivitas menelpon dengan intensitas tinggi dapat meningkatkan hormon kortisol, hormon yang akan membuat tingkat stress seseorang meningkat. Namun, dengan hormon kortisol yang makin meningkat, maka akan adanya peningkatan stress terhadap seseorang. Kemudian, stress ini merupakan salah satu meningkatnya penyakit pencernaan dan penyakit lain yang menyerang tubuh. Jadi, ketika seseorang terpapar radiasi ponsel, maka orang tersebut akan lebih berisiko terkena stress yang nantinya dapat memicu penyakit lain pada tubuh.

Menurunnya Kekebalan Tubuh

Dalam sebuah penelitian, radiasi yang terpancar ketika seseorang menggunakan ponsel untuk menelpon sant tinggi, dan radiasi tersebut akan mempengaruhi produksi hormon melatonin. Hormon ini merupakan hormon yang mengatur kekebalan tubuh seseorang. Jadi, menurunnya hormon melatonin dalam tubuh membuat menurunnya daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Jika hal ini terjadi, seseorang akan lebih mudah terserang penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit yang berbahaya seperti kanker. Selain itu, dalam jangka waktu yang panjang, kekurangan hormon ini pun bisa menyebabkan gangguan pada tulang dan juga persendian yang nantinya dapat memicu penyakit rematik.

Rusaknya Sistem Syaraf

Ternyata, menelpon sangat berbahaya bagi kesehatan sistem syaraf pada otak. Medan magnetik yang terpancar dari ponsel akan mempengaruhi sistem syaraf otak. Jika kegiatan menelpon ini sering dilakukan, bukan hal yang tidak mungkin jika sistem syaraf pada otak akan rusak permanen yang bisa mempercepat kepikunan seseorang.

0 Response to "Inilah Bahayanya Jika Kamu Menelpon Terlalu Lama "