loading...

Makna Yadnya Sesa dalam Agama Hindu


Makna Yadnya Sesa dalam Agama Hindu, Dalam ajaran hindu tuhan di puja sebagai yangngiyangin "mengisi" berbagai aspek kehidupan, tempat ruang dan waktu. seperti Pasar, kebun, sawah, pohon besar, betu besar, kantor, peternakan, perdagangan, kekayaan, kesehatan, kesenian, ilmu pengetahuan, kerajinan untuk menyebut beberapa contoh. Hampir tidak ada aspek kehidupan yang lepas dari kemahakuasaan Hyang Widhi.
Yadnya sesa, persembahan kecil dan sedrhana disebut saiban. disejajarkan dengan rayunan, sodaan, ajuman yang artinya persembahan berupa makanan. Umat hindu meyakini bahwa apa yang diterimanya kita punya kewajiban mensyukurti kembali dengan menghaturkannya. Bhagawadgita menyebutkan Tuhan menciptakan semesta berkat yadnys oelh karenanya sudah menjadi kewajiban untuk beryadnya.

Sarana Yadnya Sesa
Berupa hasil masakan dapur, nasi, garam, lauk pauk beralaskan daun atau sejenis sebagai wadah banten. disiapkan juga tirta (air suci) dan dupa. di atas daun di suguhkan sejumput nasi, garam dan lauk pauk hasil masakan sukla, bukan surudan, sebagai ungkapan "suksmaning manah" kita telah dikaruniai amerta, sebagai anugrah yang bisa kita nikmati bersama keluarga. 
setelah siap dilanjutkan dengan menghaturkan banten saiban setelah melakukan (1) suci laksana : tubuh dan pikiran suci, (2) Berbusana: adat ringan, jika pakaian kerja pakailah selendang (3) Haturkan ditempat yang diyakini menjadi sumber pemberi kehidupan seperti ; dapur, sumur, tengah halaman, tempat beras, plangkiran ruangan, dan tempat -tempat lainnya. (4) dihaturkan dengan ayaban tangan arah keluar, percikan tirta dan nyala dupa. (5) doa mantra dipalinggih leluhur " Om Bukyantupitara dewam, bukti mukti wara swadah, Ang ah". untuk para dewata mantramnya "om dewa Amukti, Sukham bhawantu, Purnam Bhawantu, Sriyam Bhawantu, nama namah swaha" jika dihalaman, ditujukan kepada para Bhuta Kala doanya "Om sarwabhuta pratebhyah swaha"

Tujuan Yadnya Sesa
Tujuan Yadnya Sesa adalah Moksartham jagadhita ya ca iti dharma. Tujuan Yadnya menurut bhagawadgita adalah kebahagiaan dan pembebasan dosa. 
Yajnasistasinah santo,
Mucyante sarvakilbisaih, 
bhujante te tv agham papa,
ye pacanty atma-karanat
Artinya, 
(dipelihara oleh yadnya, para dewa akan memberimu kesenangan yang kau ingini. ia menikmati pemberian-pemberian yang kau ingini. ia yang menikmati pemberian ini tanpa memberi balasan kepadanya adalah pencuri). orang-orang yang baik memakan apa yang tersisa dari yadnya, mereka terlepas dari dosa. tapi mereka yang jahat yang menyediakan makanan hanya untuk kepentingan sendiri, mareka makan dosanya sendiri) 
Bhagawadgita III.12-13

Sumber : Wartam


0 Response to "Makna Yadnya Sesa dalam Agama Hindu"