loading...

Type - type Pelinggih



Type - type Pelinggih,
Tugu :
Bentuk bangunan tugu bujur sangkar, kurang lebih 0,60 x 0,60 m, tinggi 2,00 m. bahan bangunan umumnya dari batu alam, seperti cadas, batu bata, atau campuran. Fungsi bangunan, untuk pelinggih atau menstanakan sarwa butha, khala, dengan atau roh - roh halus lainnya. Letak Bangunandibagian depan atau di bagian teben kelod atau kauh, dipekarangan ditempatkan di depan pintu pekarangan rumah atau parhyangan untuk apit lamang, ditempatkan di sudut pekarangan kaja kauh atau sudut lainnya untuk penunggun karang, ditempatkan di pekarangan parhyangan untuk pelinggih sedahan nge-lurah, ditempatkan di tempat angker untuk pelinggih Banas atau Banas Pati Raja.

Candi :
Bentuknya serupa dengan tugu, kepalanya memakai gelung mahkota segi empat atau segi banyak, bertingkat - tingkat mengecil ke atas.
Candi rengan untuk tempat pemujaan seperti candi Purasada, Margarana, di Pamerajan Puri Agung Kesiman, Candi Bentar untuk pintu masuk pekarangan pura di jaba sisi atau di jaba tengah, Candi Kurung, candi gelung atau kori agung, untuk pintu masuk pekarangan dari jaba tengah ke jeroan.

Padma :
Fungsi utama padma untuk tempat pemujaan tuhan yang maha esa. bentuk padma yang lengkap disebut padmasana, madia disebut padmasari, sederhana disebut padma capah. padma dengan bentuk sederhana biasanya difungsikan sebagai tempat pemujaan di tempat - tempat yang angker. letak padmasana umumnya kaja kangin menghadap ke barat atau serong kelod kauh.

Gedong :
Bentuknya serupa dengan tugu, hanya pada bagian kepala terbuat dari kontruksi kayu, atap alang - alang/ijuk/bahan penutup lainnya, denah bujur sangkar dengan sisi sekitar 3 m. Fungsi bangunan gedong bermacam - macam sesuai dengan tempatnya dipemerajan, pura, kahyangan atau tempat - tempat tertentu. Gedong dengan atap bertumpang disebut Gedong Sari.

Meru :
Bentuk meru menonjolkan keindahan atap bertingkat - tingkat yang disebut tumpang. Jumlah tumpang atap selalu ganjil, tumpang 3, tumpang 5, tumpang 7, tumpang 9, dan tumpang 11 (tumpang tertinggi). Fungsi Meru untuk tempat pemujaan tuhan yang maha esa, Dewa - dewa dan Leluhur di Sad Kahyangan, Kahyangan Jagat, Kahyangan Tiga atau Pamerajan Agung,


Wartamandala

0 Response to "Type - type Pelinggih"