loading...

Meditasi: Terbukti Mampu Mengubah Kemampuan Otak Secara Cepat


Para ilmuan di New York berpendapat bahwa orang yang secara rutin bermeditasi akan memperoleh keuntungan atas perubahan yang terjadi pada otaknya. Sebuah laporan penelitian menunjukan bahwa orang yang bermeditasi selama 30 menit sehari selama delapan minggu akan mengalami perubahan yang signifikan pada bagian otaknya yang berhubungan dengan memory, kesadaran diri, empati dan stres.

Scan otak dengan M.R.I yang diambil sebelum dan sesudah meditasi para peserta menunjukan adanya kenaikan unsur abu-abu pada "hippocampus", suatu bagian otak yang sangat penting dalam hubungannya dengan belajar dan memori.

Sebaliknya hasil pencitraan dengan scan ini juga menunjukan adanya penurunan unsur abu-abu pada amygdala, suatu bagian dari otak yang berhubungan dengan kecemasan dan stres. Sedangkan pada sampel orang yang tidak melakukan meditasi tidak mengalami perubahan seperti itu. Britta Hoelzel, seorang psikolog dari rumah sakit umum Masschusetts, yang juga menjadi pemimpin penelitian ini mengatakan meditasi yang dilakukan oleh para peserta dalam riset ini adalah teknik meditasi yang dikenal dengan istilah "meditasi pikiran sadar", yaitu sejenis meditasi yang membawa pikiran pada keadaan kekinian yang biasanya dibedakan dengan meditasi dengan pikiran terhanyut. Teknik meditasi ini diperkenalkan di Amerika sekitar Tahun 70-an.

Memang tidak mudah menunjukkan manfaat meditasi, tetapi penelitian yang dilakukan Tahun 2009 menunjukan bahwa meditasi bisa menurunkan tekanan darah pada pasien yang menderita penyakit jantung koroner. Demikian juga penelitian yang dilakukan tahun 2007 juga menunjukkan bahwa pelaku meditasi mempunyai kemampuan konsentrasi yang lebih lama. Hasil penelitian sebelumnya juga menunjukan bahwa ada perbedaan struktur otak orang yang melakukan meditasi dengan orang yang tidak bermeditasi. Namun demikian penelitian terakhir ini adalah yang pertama yang menemukan adanya perubahan pada unsur abu-abu pada otak melalui meditasi seperti yang disebutkan di atas.

Demikian artikel ini saya buat, dengan mencobanya bermeditasi pikiran anda akan lebih tenang, semoga bermanfaat buat anda.

0 Response to "Meditasi: Terbukti Mampu Mengubah Kemampuan Otak Secara Cepat"