loading...

Buah Mengkudu, Si Miskin Rupa, Kaya Khasiatnya

Buah Mengkudu, Si Miskin Rupa, Kaya Khasiatnya, Pohon Mengkudu (Morinda Citrifolia) tumbuh hampir di seluruh indonesia dengan nama berbeda. Pace, bentis, kemudu, mengkudu (jawa), Cangkudu (sunda), Kodhuk (madura), Bakudu (sumatra), wangkudu (kalimantan). Terdapat sekitar 80 Spesies yang termasuk dalam genus Morinda tumbuh di indonesia, malaysia dan pulau di lautan india dan lautan pasifik. Spesies ini mempunya nama tersendiri di setiap negara,antara lain Noni di Hawaii; Nonu atao Nono di Tahiti; Cheese Fruit di Australia, Mungkin karena baunya yang mirip keju busuk; Indian mulberry di Inggris; Lada di Guam; Bumbo di Afrika; Painkiller tre di kepulauan Carribean; Mengkudu di Malaysia. Yo ban di Thailand.


Orang Bali menamainya pohon tibah. Habitatnya tumbuh liar biasanya di belakang pekarangan rumah. Buah tibah matang, yang mengandung airnya beraroma keju busuk, sering di konsumsi dalam bentuk olahan berupa rujak. Biasanya saat usai panen di sawah. Dunia pengobatan tradisional Bali pun, Sebagaimana terekam dalam naskah-naskah usada (pengobatan), mengkudu bermanfaat sebagai bahan obat. Naskah lontar Usada Kuranta Bolong (lempir 50b) Misalnya, ramuan kulit pohon mengkudu di bakar, daun limau, kunir, ketumbar, dan garam yoduim, dipakai untuk mengobati anak-anak yang menderita mual-mual dengan cara disemburkan pada perutnya.

Mengkudu merupakan tanaman yang telah lama diketahui memiliki banyak khasiat tidak hanya untuk pengobatan namun juga untuk pencegahan berbagai penyakit. Buah mengkudu berbentuk bulat lonjong tak beraturan, berbintik-bintik dan berkutil. Senyawa-senyawa penting dalam mengkudu yang bermanfaat untuk kesehatan seperti buah mengkudu mengandung asam askorbat dan asam kaprilat yang sangat di perlukan oleh tubuh; zat damnacanthal adalah zat anti kanker yang terkandung dalam buah mengkudu. Zat tersembut memiliki khasiat untuk memperlambat dan melawan perkembangan sel K-ras-NRK yaitu sel prakanker; zat antrakuinon dan scopoletin dalam buah mengkudu aktif sebagai antimikroba terutama bakteri dan jamur sehingga dapat mengatasi peradangan dan alergi. Buah mengkudu juga mengandung zat proxeronin dalam jumlah besar. Jika kita memakan buah atau meminum jusnya, enzim ini akan membentuk zat aktif yang disebut zeronine di dinding usus besar, kemudian akan masuk kedalam aliran darah dan menuju ke semua sel tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat serta terjadi perbaikan struktur dan fungsinya. Zeronine juga dapat mengurangi alergi, mengurangi dan mencegah penyakit asma, peradangan sendir, mencegah kerusakan jantung akibat infeksi staphylococcus, membunuh bakteri shigella yang menyebabkan disentri. selenium, salah satu mineral yang terdapat pada buah mengkudu merupakan antioksidan yang kuat.

0 Response to "Buah Mengkudu, Si Miskin Rupa, Kaya Khasiatnya"