loading...

Arti Dewa Ganesha dalam Agama Hindu



Arti Dewa Ganesha dalam Agama Hindu, Ganesa adalah dewa ilmu pengetahuan. dalam pewayangan disebut Batara Gana, merupakan salah satu putra Batara Guru (Siwa). Gana diwujudkan berkepala gajah dan berbadan manusia. Dalam pewayangan ia tinggal di kahyangan istananya disebut Glugu Tinatar.

Makna Tikus sebagai Wahana Dewa Ganesha
Sri Ganesa yang duduk dengan asananya sendiri yang kendaraanya adalah tikus. Tikus adalah kendaraan Vinayaka, tikus memiliki indra penciuman yang tajam. Tikus adalah simbol dari lampiran kecenderungan duniawi (vaasnas).

Makna Esoteris Kepala Gajah Ganesha
Gajah yang terkenal karena kecerdasanya. kepala gajah Ganesha melambangkan ketajaman intelek dan kekuasaan tertinggi diskriminasi. karena kemurnian inteleknya, Vinayaka juga disebut pemberi buddhi (intelek). dia menjawab doa-doa umat dan oleh karenanya dikenal sebagai Siddhi Vinayaka (memberikan apa yang dicari)
Demikian Ganesha membersihkan jalan menuju ke kebijaksanaan, Akal dan akan memunculkan kebahagiaan dari dalam. Ganesha memiliki dua Siddhis (simbolis digambarkan sebagai istri atau selir) : siddhi (keberhasilan) dan Riddhi (kemakmuran). dimana ada ganesha disana ada sukses dan kesejahteraan. 


0 Response to "Arti Dewa Ganesha dalam Agama Hindu"