loading...

4 Jenis Pranayama Untuk Kesehatan


4 JENIS PRANAYAMA UNTUK KESEHATAN, Bernapas adalah sesuatu yang kita lakukan setiap hari. Dalam yoga kita lihat ini sebagai pranayama. Prana adalah sebuah kata Sansekerta yang berarti kekuatan hidup dan Ayama berarti memperluas atau peregangan. Dengan demikian, kata “pranayama” diterjemahkan menjadi kontrol kekuatan hidup. Hal ini juga dikenal sebagai perpanjangan napas. Setiap sel dalam tubuh kita membutuhkan oksigen untuk berfungsi dengan baik. Jadi tidak mengherankan bahwa penelitian menunjukkan bahwa latihan teratur pernapasan dikendalikan dapat menurunkan efek stres pada tubuh dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan. Ada berbagai teknik pernapasan yang dikenal untuk mengurangi stres, membantu pencernaan, meningkatkan tidur, dan mendinginkan Anda. Berikut adalah petunjuk tentang empat latihan pranayama layak dilatih.

Nadi Shodhana alias Anuloma Viloma
Nadi Shodhana, juga dikenal sebagai alternatif pernapasan hidung, adalah sangat santai, menyeimbangkan napas yang digunakan untuk membantu menenangkan sistem saraf dan membantu tidur malam yang nyenyak. Dengan meningkatkan jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh, maka hal  itu percaya napas ini juga dapat membersihkan darah, menenangkan pikiran, mengurangi stres, dan meningkatkan konsentrasi. Bagaimana melakukannya: sodhana Nadhi bisa dilakukan duduk atau berbaring. Untuk memulai, kosongkan semua udara dari paru-paru Anda. Menggunakan ibu jari tangan untuk  memblokir lubang hidung sebelah kanan dan tarik napas melalui lubang hidung sebelah kiri saja. Pastikan untuk menghirup dalam perut Anda, bukan dada Anda. Setelah Anda penuh dengan napas, segel lubang hidung kiri dengan jari manis dari tangan yang sama, menjaga lubang hidung sebelah kanan ditutup, dan menahan nafas sejenak. Kemudian lepaskan ibu jari dan buang napas melalui lubang hidung sebelah kanan saja. Pastikan untuk menghembuskan semua nafas dari sisi kanan dan jeda sebelum menghirup lagi melalui sisi yang sama. Segel kedua lubang hidung setelah Anda terhirup di sisi kanan dan dihembuskan melalui sisi kiri. Sebuah siklus lengkap napas mencakup menghirup dan menghembuskan nafas melalui kedua lubang hidung. Jika Anda baru memulai, Anda dapat melakukan menghirup empat hitungan, menahan napas Anda selama 4-8 hitungan, lalu hembuskan selama empat hitungan. Lakukan hingga sepuluh siklus dan perhatikan bagaimana tubuh Anda merespon. Anda mungkin merasa lebih santai dan tenang di kedua pikiran dan tubuh Anda. Ketika melakukannya: Nadhi sodhana adalah tenang, menenangkan napas yang dapat dilakukan setiap saat sepanjang hari. Cobalah berlatih teknik ini ketika Anda cemas, gelisah, atau mengalami kesulitan untuk tidur.

Kapalabhati Pranayama
Kapalabhati berarti tengkorak bersinar napas. Ini merupakan latihan pranayama serta kriya internal atau teknik pembersihan. Praktisi Kapalabhati percaya bahwa napas ini akan membantu membersihkan lendir di saluran udara, mengurangi kemacetan, mengurangi kembung, dan meningkatkan kapasitas paru-paru. Kapalabhati adalah pernapasan untuk  menyegarkan yang dapat membangun panas dalam tubuh. Bagaimana melakukannya: Mulailah dengan duduk di kursi yang nyaman dengan tinggi, tulang lurus, dan buang napas sepenuhnya. Tarik napas sebentar melalui kedua lubang hidung, kemudian tajam napas (lagi keluar dari hidung) sambil menarik pusar Anda di arah tulang belakang Anda. Pernafasan pendek dan cepat, tapi sangat aktif, sementara menghirup pendek dan pasif. Sekali lagi, tarik pusar Anda sebagai Anda mengeluarkan napas dan melembutkan pada inhalasi. Melakukan satu putaran 30 (menghitung embusan napas Anda) dan beristirahat selama satu menit dengan beberapa napas dalam-dalam di antara. Ulangi. Jika ini tampaknya berat, mulai dengan 15 dan secara bertahap bekerja dengan cara anda. Kapan melakukannya: Kapalabhati baik  dilakukan di pagi hari jika Anda merasa dingin atau lesu. Anda juga dapat mencoba ketika Anda merasa sesak atau kembung, tapi jangan mencobanya pada perut penuh. Hindari teknik ini jika Anda sedang hamil, atau menderita masalah tekanan darah atau kondisi jantung.

Ujjayi Pranayama
Ujjayi berarti napas menang; itu juga disebut sebagai lautan napas.Napas ini sering digunakan dalam asana (postur) praktek, terutama di ashtanga dan vinyasa kelas. Ujjayi mendorong ekspansi penuh paru-paru, dan dengan memfokuskan perhatian pada napas Anda, dapat membantu dalam menenangkan pikiran. Bagaimana melakukannya: Cari tempat di mana Anda dapat duduk dengan nyaman dengan punggung lurus. Ambil napas stabil melalui kedua lubang hidung. Tarik napas sampai Anda mencapai kapasitas paru-paru Anda; mempertahankan tulang yang tinggi. Tahan napas sejenak, kemudian mengerut beberapa nafas di bagian belakang tenggorokan Anda, seperti jika Anda hendak membisikkan rahasia, dan buang napas perlahan melalui kedua lubang hidung. Pernafasan ini akan terdengar seperti gelombang laut. Anda harus merasa udara di atap mulut Anda ketika Anda menghembuskan napas. Ulangi hingga 20 kali. Ketika melakukannya: napas ini dapat dipraktekkan hingga 10 menit pada setiap saat sepanjang hari. Cobalah dengan latihan asana juga.

Sitali Pranayama
Sitali juga berarti pendinginan yang menjelaskan efek itu dapat memiliki pada pikiran dan tubuh Anda. Napas ini mendorong  panas dengan kesejukan. Ini terutama membantu selama musim panas dan di iklim panas. Bagaimana melakukannya: Gulung lidah Anda sampai tepi luar sentuh, membentuk tabung. Jika Anda tidak dapat menggulung lidah Anda, membuat bentuk oval dengan mulut Anda, menjaga lidah ke langit. Tarik napas melalui mulut Anda, mengambil di semua udara yang Anda bisa. Ini mungkin membuat suara mendesis. Setelah menghirup, membawa ujung lidah Anda ke langit-langit mulut Anda dan segel bibir Anda. Merasakan kesejukan lalu hembuskan melalui hidung. Ulangi lima sampai sepuluh kali atau sesuai kebutuhan. Kapan melakukannya: Jika Anda merasa terlalu panas, mudah marah, atau menemukan diri Anda menunggu dengan tidak sabar dalam cuaca panas, sitali adalah alat yang hebat untuk mencoba untuk mendinginkan dan bersantai.

Bernapas adalah salah satu hal yang paling alami yang kita lakukan sebagai manusia. Ini adalah hadiah dan alat yang sangat kuat yang dapat memungkinkan kita untuk menciptakan lebih banyak kemudahan dan keseimbangan dalam hidup kita. Meluangkan waktu untuk fokus pada nafas memungkinkan kita untuk berhenti sejenak dari tekanan sehari-hari, gejala fisik, dan emosi yang telah mengambil alih pikiran. Hal ini pada saat itu di mana kita fokus pada napas yang kita dapat kembali ke keadaan netral, mendapatkan kejernihan, merasa diremajakan, dan meningkatkan rasa keseluruhan kesejahteraan. Ini hanya beberapa alasan yang indah untuk mengundang praktek pranayama dalam rutinitas harian Anda.

 Jika Anda merasa tidak nyaman, maka segera berhenti dan kembali ke pernapasan normal. Berkonsultasi dengan instruktur untuk bimbingan dan pengawasan. Tidak pernah memaksa atau membatasi napas Anda. Jangan kompromi dengan kualitas nafas. Melakukan yang terbaik yang Anda bisa. Semakin banyak Anda berlatih, semakin lama Anda akan dapat melakukan latihan, dan akhirnya, Anda akan dapat menggunakan lebih banyak dari kapasitas paru-paru Anda. Kesabaran dan praktek. Pranayama harus dilakukan dengan hati-hati dan kesadaran. Cobalah untuk tetap fokus pada perjalanan, bukan tujuan yang seiring waktu, Anda akan mulai melihat manfaat dari latihan.

0 Response to "4 Jenis Pranayama Untuk Kesehatan"