loading...

Arti Japamala Menurut Ajaran Agama Hindu



Arti Japamala Menurut Ajaran Agama Hindu, Japamala terdiri dari dua kata induk bahasa sanskrit yaitu Japa dan Mala. Japa adalah Pengulangan Mantra Suci secara beberapa kali. Mala adalah Butir-butir yang dirangkai dengan benang kapas. Jadi Mala yang digunakan untuk berjapa disebut Japamala. Perkataan japa juga terdiri dari dua kata yaitu JA Artinya Menghancurkan Siklus kelahiran dan kematian (Samsara dan Punarbhawa), dan PA artinya Menghancurkan segala dosa. 

Mensucikan Japamala 
Mensucikan Japamala dengan menggunakan pancagavya, yaitu Campuran susu, sari susu, madu, gula dan air. agar tidak lengket porsi air dapat lebih dibanyakan. 
Puja Mantra setelah mencuci Japamala : 

Om Hram Mam Japam Grhni Svaha
Sat Prayojanam Dehi,
Om Hram Mam Dhyanam Grhni Svaha
Sat Prayojanam Dehi,
Om Hram Mam Yogam Grhni Svaha
Sat Prayojanam Dehi

Penggunaan Japamala
Lingkarkan di tiga jari tangan kanan : tengah, manis dan kelingking telunjuk tegak lurus, ibu jari mendorong satu persatu biji setiap ucapan satu baik mantra. Jika sudah bertemu "Mudra" (biji pembatas rangkaian) maka mudra tidak boleh dilewati, gerakan ibu jari kemudian seterusnya mendorong lagi sampai genap ucapan mantram 108 kali (bait).
Mantram yang paling tepat digunakan adalah Gayatri Mantram atau Maha Mantra yang hanya satu bait, terdiri dari empat baris kalimat, disebut Vaidika Gayatri :

Om Bhur Bhuvah Svah,
Tat Savitur Varenyam,
Bhargo Devasya Dhimahi,
Dhiyo Yo Nah Pracodayat.

Dapat juga menggunakan Mantra lain sesuai dengan tujuan/keinginan. Misalnya untuk para pengusaha (bisnis) ber-japa dengan Mantra : 
Om Visvani Amrta Saubhagani 
artinya,
Hyang Widhi, yang maha pemurah, anugrahkanlah segala keberuntungan yang memberikan kebahagiaan kepada kami. 
(Rgveda V. 76. 5)

Cara berjapa yang baik 
Sikap duduk dengan Padmasana, Silasana, atau Bajrasana, Punggung dan leher/kepala tegak , mata memandang ujung hidung. Dalam keadaan darurat ber-japa dapat dilakukan dengan duduk biasa dikursi (misalnya di pesawat, dimobil, dikereta api), dengan tidur (ketika sakit) dan sambil berjalan )misalnya tersesat dihutan atau sedang berjalan kaki dalam jarak jauh.   

0 Response to "Arti Japamala Menurut Ajaran Agama Hindu"